Ikan bawal adalah ikan air tawar yang sangat populer di Indonesia. Jenis ikan ini memiliki banyak daging dan juga memiliki banyak gizinya. Hal inilah yang menyebabkan jenis ikan ini sangat populer. Untuk anda yang ingin tahu Aneka Masakan Ikan Bawal dan juga nilai gizi lebih lanjut dari jenis ikan ini. Artikel ini akan memberikan informasi yang lengkap untuk anda.

Ciri-ciri ikan bawal

Ikan bawal yang hidup di air tawar merupakan ikan yang memiliki bentuk seperti ikan nila pada umumnya. Ia memiliki bentuk badan yang melebar dan cukup pendek. Ikan ini memiliki warna abu-abu di seluruh tubuhnya dan memiliki warna merah pada bagian rahang bawah hingga ke perut bawahnya. Daging yang tebal dan juga tulang ikan yang berpusat di tengah tubuh menyebabkan ikan ini menjadi salah satu ikan yang sangat populer. Bukan hanya itu, saat ini ada banyak Aneka Masakan Ikan Bawal yang bisa dikonsumsi juga karena kelezatan daging dari ikan ini.

Nilai gizi ikan bawal

Untuk masalah rasa ikannya, daging ikan bawal memang tidak perlu dipertanyakan lagi masalah rasanya. Lalu bagaimana dengan nilai gizi yang dimiliki oleh ikan ini? Untuk nilai gizinya, berikut ini adalah ulasannya.
  • Kandungan protein
Ikan merupakan sumber protein yang tinggi. Termasuk ikan bawal ini. Protein merupakan salah satu sumber energi yang baik untuk melengkapi karbohidrat dalam diet anda. Karena merupakan sumber energi yang baik, ikan seringkali digunakan dalam diet. Lalu berapa kandungan protein yang dimiliki oleh ikan ini? Untuk kandungan proteinnya, ikan ini bawal yang berukuran 100 gram memiliki kandungan protein sebanyak 19 gram dan mampu menghasilkan energi sebanyak 96 Kilo kalori.
  • Kandungan lemak
Untuk kandungan lemaknya, ikan bawal memiliki kandungan lemak sebanyak 1.7 gram. Wah sangat kecil bukan?
  • Kandungan mineral
Selain lemak dan protein, Aneka Masakan Ikan Bawal juga memiliki banyak kandungan mineral. Jenis mineral yang dimilikinya antara lain adalah kalsium sebanyak 20 mg, fosfor sebanyak 150 mg dan yang terakhir adalah zat besi sebanyak 2 mg.
  • Kandungan vitamin
Salah satu yang menarik dari ikan bawal adalah kandungan vitamin yang dimilikinya. Untuk kandungan vitaminnya, ikan bawal memiliki banyak jenis vitamin mulai dari vitamin A, B1 dan juga vitamin C dan D.Selain gizi yang disebutkan di atas, kandungan lain yang tidak boleh dilupakan di ikan bawal ini adalah kandungan omega 3 dan juga omega 6 AA yang dikandungnya.

Manfaat konsumsi ikan bawal

Karena memiliki nilai gizi yang sangat beragam, Aneka Masakan Ikan Bawal yang dikonsumsi akan memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Apa saja manfaat kesehatan yang diberikan oleh ikan bawal ini? Berikut ini adalah ulasannya.
  • Menjaga kesehatan sistem peredaran darah
Seperti yang disebutkan sebelumnya, kandungan omega 3 yang dimiliki oleh ikan ini adalah salah satu hal yang menarik dari ikan bawal ini. Karena kandungan omega 3 yang tinggi menyebabkan ikan ini memberikan manfaat kesehatan yang baik bagi sistem peredaran darah. Kandungan ini mampu membantu menurunkan potensi penyakit stroke hingga 21%. Bagi para penderitanya, masalah penyakit stroke ini juga dapat diturunkan hingga 50% dengan konsumsi ikan dalam dietnya.Selain itu, mengkonsumsi ikan bawal juga akan membantu mengontrol jumlah kolesterol dalam darah sehingga dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Dalam pembuluh darah, omega 3 yang dikandung dalam ikan bawal juga dapat membantu menurunkan flek sehingga membantu melancarkan peredaran darah.
  • Membantu pertumbuhan otak anak
Mengonsumsi ikan laut merupakan salah satu hal yang mungkin perlu dihindari oleh ibu hamil, mengapa? Hal ini salah satunya disebabkan karena adanya pencemaran laut yang menyebabkan banyak hewan laut yang memiliki kandungan merkuri yang tinggi. Hanya ada beberapa jenis ikan laut saja yang aman untuk dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil. Tapi berbeda dengan dengan air tawar seperti ikan bawal. Karena ikan ini hidup di air tawar maka ikan ini lebih aman untuk dikonsumsi. Dengan konsumsinya maka anda bisa mendapatkan kandungan DHA dan juga EPA yang akan membantu meningkatkan pertumbuhan otak. Konsumsi Aneka Masakan Ikan Bawal juga bisa dilakukan setelah anak dilahirkan untuk memaksimalkan pertumbuhan otaknya.

Tips Sehat Konsumsi Ikan bawal

Untuk mengkonsumsi ikan bawal ada banyak cara yang bisa dilakukan. Beberapa cara tersebut antara lain adalah :
  • Memasak ikan bawal dengan cara dipanggang
Untuk memasak ikan bawal dengan cara dipanggang ini caranya sangat mudah. Anda hanya perlu mengolesinya dengan mentega cair dan juga bumbu yang anda inginkan lalu memanggangnya di oven dengan suhu 2320 C hingga 260C.
  • Memasak dengan cara pan fry
Selain memanggangnya, ikan bawal juga bisa dimasak dengan cara pan fry. Cara ini bisa dilakukan dengan membumbui ikan terlebih dahulu. Ikan hanya perlu dibumbui dengan menggunakan garam dan juga merica. Lalu dipanaskan di atas panci anti lengket dengan minyak yang sedikit. Dengan begitu konsumsi ikan akan lebih sehat.
  • Memasak dengan cara mengukus
Cara lain untuk membuat Aneka Masakan Ikan Bawal adalah dengan cara mengukusnya. Ikan bisa dibumbui dengan aneka bumbu dapur yang anda inginkan. Setelah itu masukkan pada kain tipis atau bisa juga daun pisang. Lalu kukus di panci atau bisa juga dilakukan di penanak nasi. Gunakan angsang plastik yang dimiliki oleh penanak nasi agar ikan tidak masuk ke dalam air.

Konsumsi ikan dengan cara lebih murah

Cara memasak ikan di atas bisa dilakukan untuk berbagai jenis ikan, tidak hanya ikan bawal saja. Sesungguhnya secara keseluruhan ikan juga memiliki kandungan gizi yang kurang lebih sama. Merupakan sumber protein dan energi yang baik dan memiliki kandungan omega 3 yang tinggi. Oleh karena itu, baik makan ikan bawal atau ikan lainnya akan sama-sama menguntungkan untuk dilakukan.Sayangnya banyak orang masih kurang menyukai makanan jenis ikan ini. Mengapa? Hal ini disebabkan karena gaya hidup serba cepat yang menyebabkan banyak orang lebih menyukai konsumsi makanan yang tidak perlu dimasak lagi. Di tempat makan, mencari ikan sebagai lauk juga bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Oleh karena itu mendapatkan manfaat dari Aneka Masakan Ikan Bawal memang bukan hal yang mudah di dunia yang modern ini. Jika anda ingin mendapatkan manfaat dari ikan tapi tidak ingin repot salah satu caranya bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan olahan ikan dan hasil laut lainnya dari Ardena Artha Mulia. Di Ardena Artha Mulia anda bisa menemukan banyak jenis makanan yang merupakan hasil olahan laut sehingga memudahkan anda untuk mendapatkan manfaat ikan daripada memasak sendiri Aneka Masakan Ikan Bawal.
Tags:

Leave a Reply